Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Lompat dan Loncat Yang Menarik Diketahui!!

Perbedaan Lompat dan Loncat
Lompat Jauh
Perbedaan lompat dan loncat berikut ini sangat menarik diketahui, karena keduanya mirip tapi berbeda cara melakukannya. Seperti diketahui, lompat dan loncat adalah dua aktivitas yang sering dilakukan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Dan tidak sedikit orang yang menganggap bahwa lompat dan loncat itu sama, padahal keduanya berbeda antara satu sama lainnya. Bahkan menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) lompat dan loncat itu berbeda.

Bahkan di bidang olahraga dan atletik antara lompat dan loncat sangat terlihat sekali perbedaannya. Lantas apa perbedaan lompat dan loncat yang menarik diketahui tersebut? Berikut ulasannya.

Perbedaan Lompat dan Loncat Yang Menarik Diketahui

#1. Pengertian Lompat

Lompat adalah sebuah gerakan yang dilakukan untuk menjauhi permukaan (pijakan), yang dilakukan secara horizontal, ke depan, ke belakang, atau ke samping dengan mengunakan otot kaki untuk melakukannya.

Contoh lompat dalam olahraga adalah lompat tinggi, dan lompat jauh. Lompat tinggi yang diukur sebagai prestasinya adalah seberapa tinggi lompatan para atlet dalam satu kali lompatan. 

Sedangkan lompat jauh yang diukur sebagai prestasinya adalah seberapa jauh para atlet melompat yang diukur dari titik awal lompatan sampai ke titik pendaratan dalam sekali lompatan.

BACA JUGA: Apa Itu Waifu? Berikut Pengertian Dan Asal-Usulnya!!

#2. Pengertian Loncat

Sedangkan loncat adalah sebuah gerakan yang dilakukan untuk menjauhi permukaan (pijakan kaki), yang dilakukan secara vertikal atau ke atas dengan mengunakan otot kaki untuk melakukan loncatannya.

Contoh loncat dalam olahraga adalah loncat bola, dan loncat indah yang merupakan salah satu bagian dari cabang olahraga renang.

#3. Perbedaan Lompat dan Loncat

Jika melihat definisi lompat dan loncat diatas, maka bisa disimpulkan bahwa antara lompat dan loncat mempunyai perbedaan dari arah menjauhi permukaan atau pijakan awal kaki. 

Dimana diketahui, lompat dilakukan secara horizontal dan loncat dilakukan secara vertikal. Selain perbedaan diatas, lompat dan loncat juga memiliki perbedaan lainnya, di antaranya adalah:

Tumpuan Pada Kaki

Antara lompat dan loncat juga mempunyai perbedaan pada penggunaan tumpuan kaki sebagai mendorong tubuh agar bisa bergerak menjauhi permukaan atau pijakan awal kaki. 

Dimana pada saat melompat, tubuh hanya mengunakan satu kaki sebagai tumpuan untuk mendorong tubuh ke depan, ke belakang, atau ke samping. Sedangkan loncat mengunakan kedua kaki sebagai tumpuan untuk mendorong tubuh supaya naik keatas.  

Posisi Tangan 

Pada saat melakukan lompatan dan loncatan juga memiliki perbedaan pada posisi tangan. Dimana pada umumnya, pada saat melompat tangan biasanya ditekuk ke samping tubuh dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Sedangkan pada saat melakukan lompatan, posisi tangan biasanya akan diluruskan dan berada disamping paha contohnya adalah loncat indah, yaitu salah satu cabang olahraga renang.

Akhir Kata

Nah, itu dia beberapa perbedaan lompat dan loncat yang menarik diketahui. Semoga artikel ini bermamfaat bagi pembaca blog sederhana ini dan baca juga ulasan tentang apa itu nolep dalam bahasa gaul.