Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Tsundere Di Film Anime? Berikut Arti dan Maknanya!!

Apa Itu Tsundere
Ilustrasi Tsundere
Apa itu tsundere dalam film anime dan film jepang? Tsundere adalah salah satu sifat karakter dalam film anime dan film jepang. Perlu diketahui, film anime dan film jepang memiliki banyak sekali karakter unik dengan sifat berbeda-beda.

Ada karakter yang bersifat antisosial atau pendiam, ada yang malu-malu tapi mau, bahkan ada yang psycho, dan masih banyak lagi karakter unik lainnya. 

Nah, di dalam film anime dan film jepang, tiap karakter-karakter tersebut mempunyai nama tersendiri, salah satunya adalah tsundere. Lantas, apa itu tsundere di film anime dan film jepang tersebut? Berikut ulasannya.

Apa Itu Tsundere Di Film Anime? Berikut Arti dan Maknanya!!

Asal Usul Istilah Tsundere

Sebelum mengenal lebih jauh lagi tentang apa itu tsundere? Mari kita mulai dulu dari mana istilah ini berawal. Dimana diketahui, kata " dere " berasal dari bahasa jepang yaitu " deredere " yang mengambarkan seseorang sedang jatuh cinta.

Nah dengan menggabungkan kata " dere " dengan sejumlah istilah lainnya, maka terciptalah istilah baru yang mengambarkan sifat seseorang yang sering ditemukan pada tokoh-tokoh film anime dan film jepang seperti tsundere.

Namun pada umumnya, kebanyakan yang mempunyai sifat tsundere adalah tokoh-tokoh wanita, walaupun ada beberapa tokoh laki-laki dalam film anime dan film jepang yang juga memiliki sifat tsundere.

BACA JUGA: Apa Itu Waifu? Berikut Pengertian Dan Asal-Usulnya!!

Pengertian Tsundere

Seperti yang disebutkan diatas, tsundere adalah salah satu sifat karakter dalam film anime dan film jepang. Dimana diketahui, istilah " tsundere " berasal dari gabungan bahasa jepang " deredere "  dan " tsuntsun ".

Kata " deredere " sendiri mengambarkan seseorang yang sedang jatuh cinta, dan kata " tsuntsun " berarti jual mahal. Jadi bisa disimpulkan bahwa tsundere adalah sifat yang sedang jatuh cinta tapi jual mahal alias malu-malu tapi mau.

Contohnya adalah para karakter tsundere biasanya akan malu-malu mengakui perasaannya di depan publik, bahkan dia biasanya mencoba menunjukan sifat jahat kepada orang yang disukainya. Namun disisi lain dia berharap orang yang disukainya bisa memahaminya.

Alasan kenapa sifat tsundere ini muncul pada film anime dan film jepang umumnya dikarenakan mempunyai trauma di masa lalu atau cintanya bertepuk sebelah tangan, sehingga membuatnya lebih tertutup.

Jenis-Jenis Tsundere

Ternyata, sifat tsundere dalam film anime dan film jepang bukan hanya mewakili satu karakteristik saja, melainkan terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah:

Tsundere Natural (Sifat Bawaan)

Tsundere natural adalah sifat tsundere paling umum ditemukan dalam film anime dan film jepang. Sifat ini biasanya muncul dikarenakan perasaan cemas yang berlebihan atau reaksi spontan akibat terlalu gugup.

Tsundere Narsisme

Sesuai dengan namanya, sifat tsundere yang satu ini muncul karena sifatnya yang terlalu narsis. Umumnya, karakter ini sangat sulit menerima koreksi, opini, dan pendapat orang lain, khususnya pendapat dari orang yang tidak dikenalnya. 

Tsundere Ojou

Kalau sifat tsundere ini muncul sebagai dampak dari latarbelakang kehidupan yang dijalani oleh karakter tersebut, sehingga memunculkan rasa gengsi. Pada kasus ini, karakter yang bersangkutan ingin menetapkan dirinya sebagai orang yang sulit dijangkau, padahal dia ingin didekati.

Deviant Tsundere

Dari semua jenis tsundere, deviant tsundere adalah yang paling berbahaya, bahkan bisa mengancam nyawa karakter lainnya. Biasanya, yang memiliki sifat deviant tsundere adalah karakter jahat dan sejenisnya.

Tsundere Pragmatis

Berikutnya ada tsundere pragmatis. Dimana sifat tsundere ini biasanya selalu menanggapi segala sesuatu dengan serius. Biasanya, karakter yang bersifat tsundere pragmatis ini mempunyai selera humor rendah.

Extrovert Tsundere

Sesuai dengan namanya, sifat tsundere yang satu ini sangat ekstrovert yang selalu bersikap ceria, banyak tingkah, ramai, dan ekspresif. Karakter dengan sifat extrovert tsundere ini umumnya bersifat kekanak-kanakan.

Introvert Tsundere

Kalau sifat introvert tsundere ini kebalikan dari extrovert tsundere. Dimana, karakternya lebih pendiam (tidak banyak bicara) dan cenderung menyembunyikan perasaannya kepada orang yang disukainya atau dikaguminya.

Akhir Kata

Nah, itulah pengertian dan makna apa itu tsundere dalam film anime dan film jepang. Semoga artikel ini bermamfaat dan baca juga pengertian apa itu nolep dalam bahasa gaul di jaman sekarang.